Donat Kentang


Udah lama pengen nyoba bikin donat kentang NCC. Akhirnya pas wiken beli kentang ke tukang sayur. Kentangnya dibagi dua, untuk perkedel kentang sama donat ini. Donatnya ditaburin gula halus, dimakan buat sarapan sambil ditemenin teh anget. Hmmm...enyak.

Ini resepnya :

Donat Kentang
Sumber : NCC

Bahan:
500 gr tepung terigu protein tinggi (mis : cakra)
50 gr susu bubuk
11 gr ragi instant
200 gr kentang, kukus, haluskan dan dinginkan
100 gr gula psir
75 gr mentega
1/2 sdt garam
4 btr kuning telur
100 ml air dingin

Cara membuatnya:
  • Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk, ragi instant, aduk rata, masukkan kentang halus ,tuang telur dan air dingin, uleni hingga rata dan setengah kalis.
  • Beri mentega dan garam, uleni terus hingga kalis elastis.
  • Istirahatkan 15 menit.
  • Bagi adonan, masing-masing 50 gr (buat aku kegedean, jadi bikin yg 25gr aja), bulatkan. Diamkan 20 menit, hingga mengembang.
  • Lubangi tengahnya, menjadi bentuk donat, segera goreng sampai kuning kecoklatan. Angkat, tiriskan.
  • Taburi gula donat, atau hias dengan coklat.
  1. kayanya yummy yaa... donat kentang
    bolee niiy dicoba :)

  1. Enak nih donat kentangnya, drpada beli di luaran banyak mengandung pengawet dan gula tambahan mending bikin sendiri yah...

  1. bener bgt tuh, aku juga dapat bbm yg katanya donat j.co menagndung banyak pengawet lah, makanya da 3 hr masih empuk, ga tau beneran ga tuh. Mendingan buat sendiri deh, lebih aman.

  1. Boleh juga neh resepnya, anakku suka donat sih, tp klo beli kan maniiis bgt, gula dimana2, klo bikin sendiri suka2 kita.

  1. haaaaahhh anakku lg aktif2nya susah mau bebikinan segalaaa.. donat kentang banyak dijual kok, jadi beli aja lah..hehehe...

  1. hihihi emang yah kalo ada dijual mending beli aja, mungkin beda harganya jg ga jauh.. tapi kalo bikin sendiri kan lebih yakin bunda, soal kebersihan dan kesehatannya.. takaran terigu, gula, dllnya jg bisa sesuai keinginan kita..

  1. nambah resep lagi nih, aku paling suka ngumpulin resep2 makanan2 cemilan untuk aku bikin bersama si kecil, lumayan bun kalau bikin sendiri banyak untungnya selain membuat kita makin dekat dengan si buah hati, bisa juga mengurangi resiko anak terkena obesitas krn kita dpt mengatur sendiri semua takaran2 bahannya..dan ga pake pengawet juga !!

  1. bener bunda lia mauren mending kita cape tapi puas dan aman yah dari pada maunya simple tp nanti kena dampaknya..

  1. Asik nemu resep donat, nanti kapan2 sy coba ah.
    kalau kebetulan lebiran bareng.
    hmmm gulanya bisa tergantung selera kan yah?
    gulanya bisa ditambah dari toping buah juga gak kak?

  1. donut kentang cemilan yg enak banget asalkan jangan kebanyakan gulanya tuh....anakku aja bisa makan 2 sekaligus...bisa bikin gemuk ga ya?

  1. wah.. donat kentang..
    dari dulu dah berkali2 bikin gak pernah bisa. padahal rasanya bikinnya dah sesuai resep dah..
    tapi nanti dicoba lagi deh.. he2..

  1. itu susu bubuknya pakai susu bubuk yang kaya gimana?
    soalnya kan susu sudah ada gulanya yah.. kalau ditambah gula pasir lagi gpp tuh ya?

  1. donat kentang enak juga rasanya ternyata..padahal tadinya aku pikir rasanya bakalan aneh..
    tapi kayaknya tanpa di kasi tambahan toping kalau untuk anak balita udah cukup manis deh..karena udah ada susu bubuk n gulanya juga..

  1. ma kasih ya udah sharing resep donat nya..
    nanti aku coba biar anakku bisa tetap nyemil tapi gak sembarang cemilan..
    soalnya kalau sembarang nyemil kuatir anak jadi gak sehat gara2 kandungan cemilan yg gak jelas..

  1. bunda,share lagi resep yang lainnya ya..tapi kalau bisa yang rendah gula..soalnya anak ku berat badannya udah berlebih n sama dokter disuruh ngurangin konsumsi gulanya..padahal kan hampir semua yg kita makan jadi gula ya..
    sekarang aja anak ku disuruh pakai susu yg tanpa gula tambahan,sebagai salah satu cara untuk menekan jumlah konsumsi gula nya..

Post a Comment